MENGANALISA COMMUNITY DEVELOPMENT
PERUSAHAAN PERTAMINA PERSERO
Sebagai perusahaan energi nasional, Pertamina berkomitmen
untuk senantiasa memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan
dan masyarakat. Dengan menyejahterakan manusia, alam, dan lingkungan, maka
Pertamina akan mampu mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Pertamina
menetapkan beberapa inisiatif strategis sebagai wujud komitmennya:
- Pemberdayaan
masyarakat secara berkelanjutan (melalui pendidikan perubahan perilaku,
pola pikir, serta pelatihan keterampilan dan kesehatan)
- Berwawasan
pelestarian lingkungan
- Terkait
strategi bisnis
- Dilaksanakan
secara tuntas (termasuk penyediaan prasarana, perubahan pola pikir,
perilaku, tata nilai, dan membekali dengan pengetahuan/keterampilan).
Pertamina mengelola kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang
mencakup program Corporate Social Responsibility (CSR), program Bina
Lingkungan (BL) dan Program Kemitraan (PK).
Pertamina mengelola kegiatan Tanggung Jawab Sosial
Lingkungan (TJSL) yang mencakup program Corporate Social Responsibility (CSR),
program Bina Lingkungan (BL) dan Program Kemitraan (PK).
PROGRAM CSR
Tujuan strategis program CSR Pertamina adalah meningkatkan
reputasi dan kredibilitas Pertamina melalui kegiatan TJSL yang terintegrasi
dengan strategi bisnis. Untuk mewujudkan tujuan ini, Pertamina
mengimplementasikan strategi-strategi besar, seperti:
- Saling
memberi manfaat (fair shared value)
- Berkelanjutan
- Prioritas
wilayah operasi dan daerah terkena dampak
- Pengembangan
energi hijau sebagai tanggung jawab terhadap dampak operasi
- Sosialisasi
dan publikasi yang efektif Pada 2016, Pertamina memfokuskan pelaksanaan
CSR guna mendukung pencapaian PROPER dengan mengedepankan aspek
lingkungan, baik alam dan masyarakat sesuai persyaratan yang ditetapkan
oleh Dewan PROPER (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia).
RUANG LINGKUP KEGIATAN
Komitmen Pertamina dalam melaksanakan TJSL diwujudkan dalam
berbagai kegiatan CSR yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan,
infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, manajemen bencana, maupun bantuan
khusus. Realisasi kegiatan dilaksanakan oleh seluruhunit kerja fungsi CSR
Pertamina, baik di kantor pusat, unitoperasi, maupun anak perusahaan. Beberapa
kegiatan khususnya di bidang pendidikan dilakukan bersama dengan Pertamina
Foundation. Di bawah payung tema “Pertamina Sobat Bumi”, Pertamina
mengimplementasikan program CSR untuk tujuan people, planet, and profit (3P).
Tujuan ini menjadi fokus Pertamina dalam menjalankan operasinya, di mana
produk-produk yang dikembangkan dan jasa yang diberikan peduli terhadap
kelestarian lingkungan khususnya bumi untuk kepentingan dan masa depan generasi
yang akan datang. CSR Pertamina berfokus pada empat isu yang menjadi pilarnya
yaitu:
- Pertamina Cerdas
- Pertamina Sehati
- Pertamina Hijau
- Pertamina Berdikari
PERTANYAAN
1. Apa
peran organisasi dalam Community
Development?
2. Seberapa
lama program tersebut dilaksanakan?
3. Apa
dampak program tersebut untuk kesejahteraan?
JAWABAN
1.
Perannya
adalah melakukan pemberdayaan masyarakat sekitar yang sesuai dengan komitmen
perusahaan khususnya Pertamina EP, untuk senantiasa memprioritaskan
keseimbangan dan kelestarian alam, lingkungan dan masyarakat.
2.
Program
ini sudah dilakukan pertamina sejak awal didirikan pada 10 Desember 1957
3. Dampak yang
dihasilkan sangat banyak karen program dari Pertamina terdiri dari berbagai
bidang seperti yang berprinsip pada 3 faktor yang ingin dicapai oleh perusahaan
yaitu Pembangunan di Bidang Ekonomi (Profit), Pembangunan di
Bidang Sosial (People), Perlindungan Lingkungan (Planet).
Diatas merupakan penjelasan beberapa poin program yang
dibuat oleh Pertamina Persero yang telah dilakukan selama kurun waktu sejak
awal didirikannya perusahaan Pertamina.
SUMBER :
1. https://www.pertamina.com/id/tanggung-jawab-sosial-perusahaan
No comments:
Post a Comment